Pengertian JVM, JDK, JRE dan IDE pada Bahasa Pemrograman Java

java logoSebelum kita belajar menggunakan bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu kita wajib mengerti apa itu JDK, JRE dan juga IDE. Selain itu ada juga yang namanya JVM. Bagi siapapun yang ingin belajar menggunakan Java terlebih dahulu harus memahami alur sistem Java dan editor apa saja yang harus digunakan dalam bahasa pemrograman Java. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan JDK, JRE, IDE dan JVM itu? Berikut sedikit penjelasan yang mudah-mudahan dapat memberikan gambaran mengenai JDK, JRE, IDE dan juga IDM.

JDK (Java Development Kit)
JDK adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). JDK wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java, namun tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun dengan java.

JRE (Java Runtime Environment)
JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang dugunakan untuk membangun aplikasi java.

IDE (Integrated Development Environment)
IDE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain. Contohnya Netbeans, Eclipse, dll (Kali ini saya menggunakan Netbeans). Netbeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis J2SE, J2EE, J2ME, JavaFX, PHP, C/C++. Ruby, Groovy dan Python.

JVM (Java Virtual Machine)
JVM adalah inti dari Bahasa Java. JVM berfungsi untuk mengubah bahasa program yang kawan buat menjadi bahasa mesin, Karena bahasa java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi atau mendekati bahasa manusia maka dibutuhkan pengkonversi ke bahasa mesin. JVM mampu menerjemahkan program yang kawan buat ke hampir semua platform. “write once, run everywhere” itulah slogan dari bahasa pemrograman java karena adanya JVM.

Kesimpulannya :
- JVM ada di dalam JRE dan JDK.
- JRE untuk “Menjalankan” program Java.
- JDK untuk “Mengkompilasi” program Java.
- NetBeans IDE untuk “Membuat” program Java.

Gimana Guys? Sudahkah kalian punya gambarannya? Jika sudah, sekarang kita lanjut ke proses instalasi JDK 8.0, JRE 8.0 dan IDE (NetBeans IDE 8.0.2).

Sumber: Link

Print Friendly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code lang=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" extra="">