Instalasi JDK 8.0, JRE 8.0 dan IDE (NetBeans IDE 8.0.2)

java logoPada artikel sebelumnya Saya memberikan gambaran umum mengenai pengertian dari JVM, JDK, JRE dan IDE. Untuk artikel kali ini, Saya akan mencoba memberikan tutorial instalasi JDK, JRE dan IDE pada PC dengan menggunakan sistem operasi Windows 7.

Sebelum memulai proses instalasi, terlebih dahulu kita harus menyiapkan amunisinya. Untuk itu bahannya dapat diunduh melalui link berikut. Di mana file tersebut adalah merupakan file installer JDK 8.0 yang juga di dalamnya sudah terdapat JRE 8.0 dan NetBeans IDE 8.0.2. Hal ini tentu saja sangat membantu untuk mempermudah proses instalasi. Berikut tampilan halaman situsnya:
00 sumber donlotanDari tampilan gambar di atas terlihat bahwa setelah masuk ke halaman situs tersebut kita dapat memilih file installer sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Sementara itu Saya sendiri menggunakan sistem operasi Windows 7 32-bit, jadi saya mengunduh file installer sesuai dengan sistem operasi yang Saya gunakan.

Langkah pertama setelah file berhasil diunduh adalah menjalankan file tersebut dengan mengkliknya dua kali. Maka anda akan melihat proses seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.01 configuring installerSetelah proses yang diperlihatkan oleh gambar di atas selesai, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
02 welcomeKlik “Next” untuk memulai proses instalasi! Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
03 license agreement
Pilih “I accept the terms in the license agreement” lalu klik “Next”! Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
05 choose the instalation folderPilih direktori yang akan digunakan untuk menyimpan file instalasi kemudian klik “Next”. Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
06 instalationKlik “Check for update”, hal ini bertujuan untuk mendapatkan update terbaru di kemudian hari setelah proses instalasi ini berhasil dilakukan, kemudian klik “Next”. Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
07 installingTunggu hingga proses instalasi berhasil dilakukan, lalu klik “Next”. Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
08 setup completeSetelah proses instalasi selesai, maka Anda akan ditawari untuk berkontribusi dalam proyek NetBeans. Anda bebas memilih untuk mengikuti tawaran tersebut dengan cara mencentangnya atau mengabaikannya, kemudian klik “Finish”. Setelah itu munculkan menu Run dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard, lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini.
09 run cmdKetik “cmd” pada kolom “Open” lalu klik “OK”. Setelah itu Anda akan melihat tampilan “Command Prompt” seperti gambar di bawah ini.
10 cmd javacSetelah muncul tampilan “Command Prompt”, ketik “javac” (tanpa tanda kutip) lalu perhatikan apa yang terjadi!
11 cmd javac is not recognizedJika tampilan “Command Prompt” sama kondisinya seperti yang diperlihatkan gambar di atas, maka yang harus kita lakukan adalah menambahkan “Path” pada “Environment Variables” di sistem operasi Windows 7 yang kita gunakan. Langkahnya adalah dimulai dengan menekan tombol Windows+Pause Break, lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
12 control panel advance system settingsPada gambar di atas memperlihatkan bahwa Anda telah memunculkan menu “Control Panel”. Pilih “Advanced systems settings”, lalu Anda akan melihat tampilan menu “System Properties” seperti gambar di bawah ini.
13 system propertiesKlik “Advance” kemudian klik “Environment Variable”, maka akan muncul tampilan menu “Environment Variable” seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini.
14 environment variablesPada bagian “System variables” klik “Path” kemudian klik “Edit”. Setelah akan muncul tampilan menu “Edit System Variable”. Selanjutnya Anda buka “Windows Explorer” lalu cari lokasi direktori yang anda jadikan sebagai tempat instalasi. Setelah itu “Copy” lokasi file instalasi pada “Address Bar”, lalu kembali ke menu “Edit System Variable” dan “Paste” alamat lokasi file instalasi di kolom “Variable Value. Jangan lupa sebelum melakukan “Paste” terlebih dahulu harus memberi tanda semicolon (;) pada akhir baris path-nya. Untuk lebih jelasnya proses tersebut dapat dilihat pada tampilan gambar di bawah ini.
16 edit system variable15 path directory java instalationSetelah itu klik “OK” pada menu “Edit System Variable”, klik “OK” pada menu “Environment Variables” serta klik “OK” pada menu “System Properties”. Kemudian munculkan kembali “Command Prompt” lalu ketik “javac” (tanpa tanda kutip). Apabila proses instalasi yang Anda lakukan sukses, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
17 java instalation successItulah langkah-langkah instalasi JDK 8.0, JRE 8.0 dan IDE (NetBeans IDE 8.0.2) untuk memulai proses belajar bahasa pemrograman Java. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyajian langkah-langkah instalasi di atas.

Kalau sudah berhasil melakukan instalasi JDK 8.0, JRE 8.0 dan IDE (NetBeans IDE 8.0.2) pada PC atau laptop anda, yu kita belajar membuat program sederhana “Hello World” dengan bahasa pemrograman Java menggunakan NetBeans 8.0.2

Sumber: Link

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *