Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman Java
java logoSeperti telah diulas dalam artikel sebelumnya tentang sejarah bahasa pemrograman Java, bahwa Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.

Slogan Java adalah “Tulis sekali, jalankan di manapun”. Sekarang ini Java menjadi sebuah bahasa pemrograman yang populer dan dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan perangkat lunak. Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel feature dan ponsel pintar atau smartphone.

Kelebihan Java dibanding Bahasa Pemrograman yang Lain

  • Berorientasi objek
    Memudahkan untuk mendisain dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti, sehingga mudah digunakan. Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni.
  • Mirip C++
    Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman C++. Sehingga para pengguna C++ banyak yang hijrah menggunakan Java.
  • Multiplatform
    Dapat digunakan di banyak sistem operasi .
  • Perkembangan yang luas
    Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program Java. Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar (Java Archive).
  • Mempunyai pengumpulan sampah otomatis.

Kekurangan Java dibanding Bahasa Pemrograman yang Lain

  • Kekurangan yang dimiliki oleh Java adalah pada satu slogannya, yakni “Tulis sekali dan jalankan di mana saja” ternyata tidak sepenuhnya benar. Beberapa hal harus disesuaikan jika dijalankan pada platform yang berbeda. Misalnya untuk J2SE dengan platform SWT-AWT bridge tidak dapat berfungsi di Mac OS X.
  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft .NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

Sumber: Link

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *