Membuat Program Sederhana “Hello World” dengan Bahasa Pemrograman Java Menggunakan NetBeans 8.0.2

java logoPada artikel sebelumnya Saya sudah menjelaskan tentang tata cara instalasi JDK 8.0, JRE 8.0 dan IDE (NetBeans IDE 8.0.2). Setelah proses instalasi berhasil dilakukan, maka pada artikel kali ini Saya akan menjelaskan cara membuat program yang paling sederhana di bahasa pemrograman Java, yaitu membuat program “Hello World”. Selain itu, dengan membuat program ini dapat diketahui apakah tools yang akan digunakan untuk belajar bahasa pemrograman Java dan telah diinstal pada PC atau laptop Anda dapat benar-benar berjalan dengan baik ataukah masih terdapat masalah. Untuk itu mari kita mulai langkah-langkahnya.

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah menjalankan aplikasi NetBeans 8.0.2 yang telah terinstal pada PC atau laptop anda dengan cara mengklik dua kali icon NetBeans 8.0.2 yang bentuk iconnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
00NetBeans IconSetelah itu maka akan muncul tampilan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
01Tampilan awal NetBeans
Gambar di atas adalah tampilan awal aplikasi NetBeans 8.0.2. Selanjutnya anda klik “File” pada sudut kiri atas lalu pilih “New Project“. Selain itu bisa juga dengan langsung mengklik icon “New Projectyang berwarna kuning dengan tanda plus. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.
02File New Project

Tambahan1Setelah itu akan muncul jendela “New Project”, kemudian pada kotak “Categories” pilih “Java” kemudian klik “Next” seperti terlihat pada  tampilan gambar di bawah ini.
03Choose ProjectSetelah itu akan muncul jendela “New Java Appllication”, kemudian pada kotak “Project Name” Anda isi namanya sesuai dengan yang Anda kehendaki. Saya sendiri memilih untuk menggunakan nama sesuai default yang diberikan oleh aplikasinya, lalu klik “Next” seperti terlihat pada tampilan gambar di bawah ini.
04Name and LocationKemudian akan muncul jendela kerja baru dan anda tinggal menginputkan: System.out.println(“Hello World”); di bawah public static void, seperti terlihat pada tampilan gambar di bawah ini.
05JavaApplication1Apabila sudah diinputkan klik “Run” lalu pilih “Run Project” atau bisa juga dengan menekan tombol F6 pada keyboard. Selain itu bisa juga langsung mengklik icon “Run Project” yang berbentuk segitiga berwarna hijau. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui tampilan gambar di bawah ini.
Tambahan2Tambahan4Output yang dihasilkan adalah seperti tampilan gambar di bawah ini. Apabila tampilan pada layar monitor anda Sama dengan gambar di bawah ini, maka anda telah berhasil membuat program sederhana “Hellow World”.

06Hello World Successful 07Hello World Successful2

Sumber: Link

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *