Tipe Data dan Variabel pada Bahasa Pemrograman Java

java logoSetelah belajar membuat program sederhana “Hello World” yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan belajar mengenal tipe data dan variabel pada bahasa pemrograman Java yang merupakan hal paling dasar dalam sebuah bahasa pemrograman.

A. Tipe Data
Tipe data pada Java sebetulnya sama dengan bahasa pemrograman yang lain, di antaranya:

Tipe Data

Jiki kita perhatikan tabel di atas, maka kita tida melihat adanya String. Pada bahasa pemrograman Java, String tidak termasak ke dalam tipe data. Akan tetapi dapat dibuat langsung tanpa membuat objek.

B. Variabel
Varibel adalah satuan dasar penyimpanan dalam program Java. Jika di dunia nyata variabel bisa diibaratkan sebuah tempat penyimpanan yang dapat menampung suatu benda yang sesuai dengan tempat penyimpanan tersebut. Sebagai contoh, keranjang yang dikhususkan untuk menampung sayuran, maka yang dapat ditampungnya adalah sayuran itu sendiri.

Ada beberapa ketentuan yang tidak boleh dilanggar dalam penggunaan variabel pada bahasa pemrograman Java, di antaranya:

  • Nama variabel tidak boleh didahului oleh angka, melainkan harus didahului oleh huruf.
  • Nama variabel tidak boleh berisi simbol-simbol khusus (@, #, $, &, _, dll.).
  • Nama variabel tidak boleh diberi spasi.

Agar lebih jelas lagi dalam mempelajari tipe data dan variabel ini, kita akan langsung mencoba mempraktekan sebuah contoh program sederhananya.

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah menjalankan aplikasi NetBeans 8.0.2 yang telah terinstal pada PC atau laptop anda dengan cara mengklik dua kali icon NetBeans 8.0.2 yang bentuk iconnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
00NetBeans IconSetelah itu maka akan muncul tampilan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
01Tampilan awal NetBeansGambar di atas adalah tampilan awal aplikasi NetBeans 8.0.2. Selanjutnya anda klik “File” pada sudut kiri atas lalu pilih “New Project“. Selain itu bisa juga dengan langsung mengklik icon “New Projectyang berwarna kuning dengan tanda plus. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.
02File New Project

Tambahan1Setelah itu akan muncul jendela “New Project”, kemudian pada kotak “Categories” pilih “Java” kemudian klik “Next” seperti terlihat pada  tampilan gambar di bawah ini.
03Choose ProjectSetelah itu akan muncul jendela “New Java Appllication”, kemudian pada kotak “Project Name” Anda isi namanya sesuai dengan yang Anda kehendaki. Saya sendiri memilih untuk menggunakan nama coba_tipe , lalu klik “Next” seperti terlihat pada tampilan gambar di bawah ini.
04Name and LocationKemudian akan muncul jendela kerja baru dan anda tinggal menginputkan script seperti terlihat pada tampilan gambar di bawah ini (untuk memperbesar klik gambar).

Script coba_tipeJika kita lihat, bahwa tampilan script di atas menggunakan dua tipe data dan dua tipe variabel, yaitu:

int nilai;
char indexnilai;

int              : adalah tipe data integer
char           : adalah tipe data character
nilai           : adalah variabel dengan tipe data int
indexnilai  : adalah variabel dengan tipe data char

Apabila sudah diinputkan klik “Run” lalu pilih “Run Project” atau bisa juga dengan menekan tombol F6 pada keyboard. Selain itu bisa juga langsung mengklik icon “Run Project” yang berbentuk segitiga berwarna hijau. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui tampilan gambar di bawah ini.

Output coba_tipe

Demikian pembahasan mengenai tipa data dan variabel pada bahasa pemrograman Java. Mohon maaf apabila ada penjelasan yang kurang dimengerti, terima kasih.

Sumber: Link

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *