Membuat Deret Aritmatika Menggunakan Bahasa Pemrograman Java

java logoPada postingan sebelumnya saya membahas mengenai Perulangan (Looping) Menggunakan Bahasa Pemrograman Java. Pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan contoh penggunaan perintah perulangan (looping) untuk membuat deret angka atau lebih dikenal dengan nama deret aritmatika. Menurut wikipedia, Deret hitung atau deret aritmatika dalam bidang matematika adalah urutan bilangan di mana bilangan berikutnya merupakan penambahan bilangan sebelumnya dengan suatu bilangan beda tertentu. Contoh: 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13 atau 2, 4, 6, 8, 10, 12, 14.

Namun pada postingan kali ini saya tidak akan membahas mengenai bentuk deret aritmatika sederhana seperti kedua contoh di atas, melainkan saya akan memberikan contoh tentang cara membuat deret aritmatika yang sedikit rumit. Kenapa dikatakan rumit? Karena deret aritmatika yang saya maksudkan adalah berbentuk seperti ini: 1, 2, 3, 3, 4, 7, 5, 6, 11.

Jika kita jabarkan, maka penjabaran dari deret aritmatika di atas adalah:
suku ke-1 = 1
suku ke-2 = 2
suku ke-3 = suku ke-1 + suku ke-2
suku ke-4 = 3 (melanjutkan suku ke-2)
suku ke-5 = 4
suku ke-6 = suku ke-4 + suku ke-5

Dengan demikian, script untuk membuat deret aritmatika seperti yang tertulis di atas dapat dilihat melalui tampilan gambar di bawah ini (klik gambar untuk memperbesar dan memperjelas tampilan).

Deret Aritmatika

 

 

 

 

 

Demikian postingan saya mengenai cara membuat deret aritmatika dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Java.

Sumber: Link

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *