Belajar Teknologi Informasi Di Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama

Apa itu Teknologi Informasi?

Man2tech

Menurut penjelasan yang saya kutip dari halaman wikipedia, Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan bahwa Teknologi Informasi adalah suatu proses pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi.Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa “teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). “.Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ”Cloud Computing”, sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Pentingkah Belajar Teknologi Informasi?

Pentingnya mempelajari Teknologi Informasi berangkat dari pentingnya pemanfaatan Teknologi Informasi Itu Sendiri. Manfaat Teknologi Informasi dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, terutama untuk dunia pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak. Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan Teknologi Informasi akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka.

Manfaat Teknologi Informasi dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa Teknologi Informasi dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Bisnis dan Perusahaan

Dengan memanfaatkan Teknologi Informasiuntuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia. Berikut ada beberapa manfaat penting?Teknologi Informasi untuk bisnis dan pada sebuah perusahaan.

  1. Teknologi Informas idapat memperluas pangsa pasar.
  2. Teknologi Informasi dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
  3. Teknologi Informasi dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
  4. Teknologi Informasi dapat memberikan keunggulan kompetitif.
  5. Teknologi Informasi dapat memberikan peluang bisnis baru.

Pemanfaatan IT untuk mendukung berbagai kebutuhan dan perkembangan organisasi, individu dan perusahaan tentu akan mendatangkan sesuatu yang positif. Namun perlu diketahui bahwa?Teknologi Informasi dapat membuat kita menjadi insan yang lebih berarti dengan memanfaatkannya untuk hal yang positif. Manfaat Teknologi Informasi untuk hal yang positif tentu akan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan.

Manfaat Teknologi Informasi untuk Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari Teknologi Informasi memang memegang peranan penting tidak mengenal dan ada batasan usia, Teknologi Informasi menjadi suatu hal yang harus dan menjadi kebutuhan pokok semua individu. Teknologi Informasi menjadi bahan utama dalam berbagai kegiatan apapun seperti perkuliahan, belajar mengajar, dan kegiatan lainnya. Berikut adalah berbagai?manfaat Teknologi Informasi untuk kehidupan sehari hari yang kita perlukan atau yang kita alami sendiri.

  1. Menambah ilmu pengetahuan.
  2. Mempermudah mengerjakan tugas sehari hari.
  3. Lebih praktis
  4. Menambah jaringan teman.
  5. Mendapatkan informasi secara mudah dan gampang.

Dengan demikian kita menjadi mengerti akan pentingnya mempelajari Teknologi Informasi. Kitapun menjadi paham kalau dengan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi, teruma teknologi komputer dan internet, kita dapat memperkaya ilmu pengetahuan di bidang teknologi. Selain itu, kita dapat menguasainya dengan terampil sehingga kita dapat berperan aktif bukan hanya sebagai pengguna, melainkan juga sebagai penghasil teknologi itu sendiri. Kemampuan berkreasi dapat dipadukan untuk menghasilkan teknologi baru yang lebih canggih dan lebih modern. Dalam perkembangannya Teknologi Informasi sangat berguna untuk membuat tiap individu lebih makmur dan mendapatkan manfaat lain yang lebih berarti.

Apa Itu Prodi Sistem Informasi?

Dunia di sekeliling kita sekarang ini sungguh modern, teknologi informasi hampir merambahi semua bidang. Sistem informasi adalah keterkaitan antara aktivitas manusia dengan proses algoritma, data, dan teknologi. Sistem ini berkembang dengan sangat cepat dalam bidang pendidikan, manajemen, bisnis, dan bidang lainnya. Dengan kebutuhan yang meningkat, maka diperlukan banyak sumber daya manusia yang paham dan menguasai bidang ini.

Universitas Widyatama adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Sistem Informasi. Program Studi Sistem Informasi ini berada di Fakultas Teknik, yang juga menaungi Program Studi Teknik Informatika dan Teknik Industri. Jurusan ini memiliki tiga jenis program, yaitu Program S1 Kelas Reguler A, Program S1 Kelas Reguler B1, serta Program S1 Kelas Reguler B2.?Diharapkan Program Studi Sistem Informasi ini menghasilkan mahasiswa/i yang memiliki keahlian dalam menganalisis, mendesain, dan merancang hingga menerapkan berbagai solusi dalam sistem informasi enterprise yang berbasiskan teknologi informasi, sehingga perusahaan mampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya dalam dunia bisnis.

Apa yang Diajarkan Di Prodi Sistem Informasi?

Kurikulum yang diajarkan dalam Prodi Sistem Informasi adalah dasar ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi dalam sebuah organisasi. Menyeimbangkan aspek pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan sistem Informasi dalam manajemen sebuah organisasi. Kuliah dasar yang diberikan kepada mahasiswa bertujuan untuk meningkatakan kemampuan membuat dan menulis program, juga mempelajari komponen sistem informasi, seperti basis data, jaringan komputer, sistem operasi dan aplikasi. Untuk memperkaya soft skill mahasiswa, pengetahuan tentang manajemen juga diberikan. Karena hubungan antara manajemen dan ilmu Sistem Informasi ini memang tidak dapat dipisahkan. Selain mata kuliah dasar, ada juga mata kuliah peminatan yang bertujuan untuk memiliki keahlian dalam bidang Mobile Application, Geographic Information System, Database Analyst, Enterprise Resource Planning, dan Information Technology Asset.

Bagaimana Prospek Karier bagi Lulusan Program Studi Sistem Informasi?

Menjadi apakah lulusan Program Studi Sistem Informasi? Banyak, Banyak sekali. Mengingat hampir semua bidang pekerjaan memerlukan sistem Informasi, maka kesempatan para lulusan untuk diterima perusahaan juga tinggi. Dengan berbekalkan ilmu dan soft skill yang telah dipelajari, para lulusan Program Studi Sistem Informasi sangat layak untuk mengisi posisi penting dalam dunia yang berkaitan dengan sistem informasi. Beragam perusahaan nasional hingga internasional yang bergerak di bidang perbankan, pendidikan, telekomunikasi, industri perangkat lunak, jasa konsultan, teknologi informasi, dan masih banyak lagi. Posisi yang bisa ditempati misalnya, IT consultant, system analyst, IT manager, web developer, system integrator, database administrator, researcher. Pilihan lainnya jika ingin melanjutkan kuliah hingga ke jenjang S2 dan S3 lalu menjadi dosen pun masih banyak peluang. Ataupun, setelah kuliah ingin merintis bisnis dalam bidang IT juga prospektif. jadi jangan khawatir, selama kita optimis dan berusaha keras akan selalu ada masa depan yang cerah.

Referensi:

Link 1, Link 2, Link 3, Link 4

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *