Kesan-Kesan Selama Kuliah Di Universitas Widyatama

Saat ini saya adalah mahasiswa Semester 2 Fakultas Teknik Prodi Sistem Informasi di Universitas Widyatama. Kesan pertama yang saya dapatkan ketika pertama kali masuk ke dalam lingkungan kampus Universitas Widyatama adalah, bahwasannya saya merasa senang dan cukup takjub melihat bangunan-bangunan kampus yang begitu megah. Tidak salah apabila Universitas Widyatama menjadi salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Kota Bandung. Hal itu didukung dengan berbagai fasilitas yang membuat para mahasiswa merasa cukup nyaman apabila sedang berada di lingkungan kampus. Satu hal lagi yang membuat saya merasa takjub adalah bahwasannya di kampus Universitas Widyatama para mahasiswa tidak akan pernah kesulitan untuk mencari toilet, karena begitu banyaknya toilet yang disediakan oleh pihak kampus. Begitupun juga dengan ruangan kelas serta laboratorium komputer yang tersedia, semuanya cukup nyaman untuk dijadikan tempat beraktivitas selama mengikuti perkuliahan. Hanya saja yang masih kurang adalah fasilitas lahan parkir yang masih kurang luas, serta tidak terlindunginya kendaraan dari terik matahari dan hujan. Hal tersebut mengakibatkan kendaraan, terutama sepeda motor dijemur seharian atau bahkan diguyur hujan. Jadi, jangan heran kalau banyak di antara mahasiswa yang membawa sepeda motor mendapati helm-nya basah kuyup akibat terkena hujan saat mereka beraktivitas di kelas.

Dalam hal perkuliahan awalnya saya merasa asing dengan sistem perkuliahan yang berlangsung di Universitas Widyatama. Di mana sebagai mahasiswa yang mengikuti Program Reguler B, saya diharuskan mengikuti kuliah tatap muka dan e-learning. Sistem kuliah e-learning inilah yang asing bagi saya. Akan tetapi setelah saya menjalani satu semester, permasalahan dengan sistem kuliah e-learning dapat teratasi. Meskipun ada beberapa kendala dalam perjalanannya, hal itu lebih kepada faktor teknis saja dari aturan perkuliahan e-learning itu sendiri. Selain itu dosen-dosen-nya pun cukup qualified di bidangnya. Meskipun ada satu mata kuliah yang nilainya dirasa kurang pada saat Semester 1 kemarin, tetapi hal itu memang sesuai dengan kapasitas saya untuk mata kuliah tersebut. Selebihnya saya merasa puas dengan nilai yang saya dapat dari beberapa mata kuliah yang lain.

Di Semester 2 yang sedang saya jalani saat ini, sebetulnya ada kendala yang dialami oleh saya dan teman-teman di kelas. Kami merasa bahwa mata kuliah Struktur Data tidak seharusnya dimasukkan ke dalam sistem e-learning, dengan alasan sulitnya memahami mata kuliah tersebut. Akan tetapi semuanya sudah berjalan, dan hasilnya memang sesuai dengan prediksi kami bahwa penyerapan materi serta kemampuan kami pun tidak meningkat dengan signifikan. Untuk itu kami sangat berharap, bahwa ke depannya pihak-pihak yang berwenang dalam menentukan kebijakan dalam hal penentuan mata kuliah mana saja yang akan di-e-learning-kan, supaya lebih bijak dalam penentuannya. Kami ingin, setiap materi yang disampaikan oleh dosen dapat terserap dengan maksimal.

Demikan kesan-kesan saya selama kuliah di kampus Universitas Widyatama hingga saat ini. Saya berharap dapat menyelesaikan masa perkuliahan saya dengan lancar dan tepat waktu, serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat khususnya bagi saya pribadi dan umumnya bagi orang-orang di lingkungan sekitar yang saya tempati…aamiin.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *